Rabu, 24 Oktober 2012

Makna Konotasi


Perhatikan contoh berikut ini.
Anton menjadi kambing hitam dalam kasus tersebut.
Kata “kambing hitam” pada kalimat ini tidak diartikan sebagai seekor hewan (kambing) yang warnanya hitam. Karena, jika diartikan demikian, makna keseluruhan kalimat tersebut tidak logis atau tidak dapat dipahami. Makna kata “kambing hitam” pada kalimat ini adalah tersangka dalam suatu perkara yang tidak dilakukan. Makna “kambing hitam” pada kalimat ini inilah yang disebut dengan makna konotasi.
Secara singkat makna konotasi dapat diartikan sebagai makna tidak sebenarnya pada kata atau kelompok kata. Oleh karena itu, makna konotasi sering disebut juga dengan istilah makna kias. Lebih lanjut, makna konotasi dapat dijabarkan sebagai makna yang diberikan pada kata atau kelompok kata sebagai perbandingan agar apa yang dimaksudkan menjadi jelas dan menarik.

Bisa juga dengan contoh lain seperti berikut :
Pengertian Makna Konotasi / Konotatif. Adalah makna yang bukan sebenarnya. Umumnya bersifat sindiran dan merupakan makna denotasi yang mengalami penambahan. Bahwa kata dengan makna konotatif mempunyai sifat tidak stabil dan makna denotatif bersifat paling stabil. Contoh kalimat konotatif : Dasar kau panjang tangan!! ATAU Perutnya sudah berteriak meminta makan.
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar